SEJARAH STIKES BANTEN

Atas dasar kesadaran pentingnya pembangunan sumberdaya kesehatan ini pada awal tahun 1999 telah mendorong lahirnya gagasan dari empat orang pemerhati dan praktisi kesehatan untuk secara aktif berperan mempersiapkan wadah untuk mempersiapkan pendidikan dan pelatihan yang mampu menyediakan tenaga tenaga profesional dan akademis yang siap berkarya pada jenjang setingkat diploma III, sarjana (S-1) dan magister (S-2). Pada saat ini STIKes Banten masih berfokus kepada pendidikan Diploma III dan Sarjana(S1). Lulusan dari lembaga yang dicitakan tersebut disiapkan untuk menjadi tulang punggung yang handal dalam manajemen kesehatan masyarakat atau rumah sakit. Untuk itu mereka perlu dibekali dengan kemampuan, ketrampilan dan penguasaan konsep yang konkrit serta teknis sifatnya.

Setelah melalui perbincangan dan diskusi yang mendalam maka pada tanggal 24 April 2001 dengan akte notaris Sri Ambarwati, SH No.5 Tahun 2001, gagasan tersebut dikonkritkan dengan mendirikan yayasan nirlaba yang diberi nama Yayasan 4R Banten sebagai pengelola dan penyelenggara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten. Adapun dewan pendiri Yayasan 4R Banten sebagai berikut:

1. Dr. Resna A. Soerawidjaya, MSc

2. Dr. Hafizurrachman, MPH

3. Ny. Iis Yuliawati Resna

4. Ny. Evita Rivain Rachman.

 

Dengan dibukanya peluang oleh pemerintah kepada masyarakat untuk turut berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan nasional (Pasal 47 Undang undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional), maka Yayasan 4R Banten mendirikan suatu lembaga pendidikan tinggi swasta yang resmi dengan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, setelah mepertimbangkan kemampuan dan kebutuhan masyarakat Banten serta berkonsultasi dengan Diknas kopertis wilayah IV untuk memperoleh gambaran tentang pendirian suatu 4 Rencana Induk Pengembangan STIKES Banten Periode 2013-2038

 

Perguruan Tinggi Swasta, yang selanjutnya diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten (STIKes Banten atau STIKBA)

Adapun program studi yang telah diselenggarakan oleh STIKes Banten

adalah:

1. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat – Tingkat Sarjana

2. Program Studi Ilmu Keperawatan - Tingkat Sarjana

3. Program Profesi Ners

4. Program Studi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit – Tingkat Diploma 3

5. Program Studi Kebidanan – Tingkat Diploma III

STIKes Banten memiliki rencana strategis (renstra) yang telah disusun dan disepakati oleh jajaran pimpinan STIKes. Renstra ini menjadi panduan STIKes dalam menjalankan visi, misi dan tujuan STIKes. Dalam renstra ini juga terdapat strategi pencapaian beserta indikator keberhasilan yang digunakan sebagai standar penilaian keberhasilan dari proses yang dijalankan. Dalam menentukan strategi dan menentukan indikator keberhasilan ini, STIKes banten telah mempertimbangkan dengan cermat nilai dasar, kondisi internal dan eksternal, baik dalam perspektif regional maupun internasional.

Dokumen Referensi :

Dokumen STIKes Banten
STATUTA STIKes Banten
TATA PAMONG STIKes Banten
RENCANA INDUK PENGEMBANGAN 2013-2038
SURAT KEPUTUSAN Rencana Induk Pengembangan 2013-2038
RENCANA STRATEGIS 2015-2020
RENCANA OPERASIONAL (RENOP) 2016-2017
RENCANA OPERASIONAL (RENOP) 2017-2018
RENCANA OPERASIONAL (RENOP) 2018-2019
Pedoman Visi-Misi STIKes Banten
Buku Kesehatan Keselamatan Kerja STIKes Banten
Buku Ketatapegawaian
Kode Etik Dosen Mahasiswa dan Ketenaga Kependidikan STIKes Banten
Pedoman Penyusunan Kurikulum
PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Buku Pedoman Tracer Studi
Buku Pedoman Akademik
STANDAR KERJASAMA